Home » , » CARA MENULIS ARAB PADA COMPUTER

CARA MENULIS ARAB PADA COMPUTER

Written By Unknown on Tuesday 24 June 2014 | 17:22

Assalamu’alaikum wr.wb
Salam blogger dan salam sejahtera. Hari ini kompu-tekno akan menyuguhkan artikel tentang cara menulis arab dengan komputer. Sahabat – sahabat sekalian ternyata dikompter kita tidak hanya bisa menulis huruf latin biasa tapi kita juga bisa menulis huruf arab,jepang, spanyol,dll. Sebenarnya untuk menulis arab kita hanya perlu menginstal bahasa keyboad pada komputer kita.
Berikut ini akan saya sampaikan tutorialnya.
  1. Buka control panel sorot clock, language, and region lalu pilih change display language
  2.  .   Setelah itu akan muncul kotak dialog region and language pilih change keyboard
  3.  .   Kemudian akan muncul kotak dialog add input language  pilih arabic (saudi arabia). Beri tanda centang arabic(101), arabic (101) AZERTY, dan klik other centang juga ink correction. Setelah itu klik OK 
  4.  .   Setelah kita selesai menambahkan bahasa mari kita coba menulis arab di microsoft word. Buka ms. Word
  5.   .   Pada bagian taksbar ada tulisan IN kita ganti dengan arabic 
  6.  .   Klik start ketikan “on” pilih on the screen keyboard untuk menampilkan  keyboard. Klik insert dan kliklah karakter tersebut untuk mengambilnya.
  7.  .   Menulis arab jarang menggunakan spasi menulis arab sama dengan menulis latin. Huruf arab akan otomatis berubah bentuk ketika ia berada di awal, tengah, atau akhir. Untuk penulisan kalimat ALLAH kita harus menuliskan huruf alif lam lam ha’ secara urut tanpa spasi dan diantara huruf ha’ dengan huruf depannya harus diberi spasi.

Contoh :
Kalimat Allah dengan huruf ra’
Ø  Dengan spasi        :  اَللهِ رَّ
Ø  Tanpa spasi          : اللهر
Lihatlah perbedaannya bila diberi spasi maka akan membentuk tulisan Allah الله jika tidak maka yang terbentuk bukan tulisan Allah.

8.   Untuk memberi harakat  caranya adalah tampilkan “on the screen keyboard” pilih insert kemudian tekan tombol shift dan pilih karakter untuk mengambil harakat. Penting insert harus diklik karena jika tidak diklik karakter yang anda klik tidak akan terambil.­­­  untuk menghapus harakat tinggal tekan tombol backspace saja.
Sekian dulu ya dari kompu-tekno. bila ada komentar dan saran bisa disampaikan lewat komentar. jangan lupa klik 1 kali saja iklan dari untuk kelangsungan blog ini. terima kasih

wassalamu’alaikum wr.wb
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

Jadwal Sholat


jadwal-sholat

Followers

Powered by Blogger.
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Kompu-Tekno - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger